in Feature, Masykurudin Hafidz, Pemantauan, Pemilu 2014, Sindikasi Media, Uncategorized

Ratusan TPS di 25 Provinsi Tak Cantumkan DPT

Logistik Pemilu 

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) memaparkan hasil pemantauan pemilu yang digelar 9 April kemarin.

Dari pantauan tersebut, terdapat sekira 291 dari 714 tempat pemungutan suara (TPS) tidak memasang jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

“Dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh 2011 relawan di 25 provinsi ada tujuh TPS yang tidak memasang DPT,” kata Deputi Koordinator JPPR, Masykurudin Hafidz kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014).

Menurut Hafidz, pemasangan DPT di papan pengumuman di setiap TPS adalah prosedur utama dalam tahap pelaksanaan pemungutan maupun penghitungan suara.

“Pemasangan DPT ini untuk memberikan kemudahan bagi siapapun yang datang ke TPS untuk mengecek namanya apakah terdaftar atau tidak,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pencantuman DPT juga dimaksudkan agar nama yang tidak berhak memilih dapat diketahui oleh masyarakat secara transparan.

“Masih banyak pemilih yang sudah meninggal dan pindah masih tercantum dalam DPT, kalau semua itu dilakukan masyarakat dapat mengantisipasi akan adanya potensi penyalahgunaan surat suara karena tidak terpasangnya DPT ini,” tutupnya. (put)

Post: Okezone
Link: http://pemilu.okezone.com/read/2014/04/10/568/968098/ratusan-tps-di-25-provinsi-tak-cantumkan-dpt

Post Comment