in Feature, Pemantauan, Sindikasi Media, Sunanto, Uncategorized

JPPR: Politik Uang Kejahatan Pemilu dan Manusia

Ilustrasi Pemilu 2014-Photo: Antara
JakartaManager Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sunanto mengatakan isu dan praktik politik uang semakin gencar dilakukan oleh oknum peserta Pemilu dan calon anggota legislatif (caleg) untuk membeli suara rakyat demi kekuasaan semata.
“Beberapa modus yang perlu diwaspadai baik praktik politik uang pra-bayar dan pasca-bayar harus diwaspadai. Praktik politik uang yang di budayakan oleh setiap peserta Pemilu dan mendorong masyarakat mengamini menerimanya merupakan kejahatan pemilu dan kejahatan kemanusian,” ujarnya Selasa (8/4).
Ditambahkan, hal ini karena uang yang diserahkan akan berdampak kerusakan moral publik sebagai akibatnya. Seluruh masyarakat Indonesia harus bersama dalam mencegah praktik politik uang yang dilakukan peserta Pemilu ‘Jangan ambil uangnya dan laporkan pelakunya ke pengawas Pemilu’.
“Seluruh penyelenggara Pemilu harus memasang mata, telinga, dan peka terhadap praktik politik uang di lapangan. Dalam Pemilu 2014 tentunya praktik politik uang makin beragam, waspada terhadap praktik politik uang dan barang untuk ajak memilih dalam bentuk apapun. Tidak hanya peserta Pemilu yang harus diwaspadai dalam praktik politik uang, akan tetapi kita juga harus waspada akan praktik politik uang dan barang yang dilakukan peserta Pemilu kepada penyelenggara,” tuturnya.
Post: Berita Satu
Link: http://www.beritasatu.com/politik/176458-jppr-politik-uang-kejahatan-pemilu-dan-manusia.html

Post Comment