in Sindikasi_Media, Uncategorized

KPU Harus Publikasikan CV Caleg

Jakarta – Manajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mempublikasikan riwayat hidup (CV) calon anggota legislatif (caleg).
Sebelumnya, KPU telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) melalui laman resminya www.kpu.go.id pada Kamis, (13/6) kemarin, dengan memuat foto, nama lengkap, jenis kelamin dan tempat tinggal calon.
Pengumuman DCS ini ditujukan untuk mendapatkan masukan masyarakat selama dua minggu kedepan (27 Juni 2014).
“Segera Publikasikan Riwayat Hidup Caleg. Dalam mengumumkan DCS, KPU telah berjanji untuk mengumumkan termasuk riwayat hidup (CV) untuk para calon yang bersedia untuk dipublikasikan,” kata Masykurudin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/6).
Ditegaskan, publikasi CV para caleg sangat penting, terutama bagi masyarakat yang daerahnya diisi oleh calon yang berasal dari kabupaten/kota lain bahkan hingga provinsi yang lain. Masukan dan tanggapan masyarakat akan jauh lebih massif jika diawali oleh publikasi riwayat hidup oleh KPU.
Oleh karena itu, menyusul publikasi DCS, Masykurudin meminta agar KPU segera umumkan riwayat hidup. Hingga setidaknya di laman resminya untuk bisa diakses oleh publik.
“Apabila belum bisa diumumkan semua, KPU bisa mengumumkan secara bertahap dan nyicil mengingat terbatasnya waktu tahapan masukan dari masyarakat yang hanya dua minggu,” ucapnya.
Pengumuman ini juga perlu diikuti oleh KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk sekuat mungkin menyampaikan ke masyarakat pemilih.
Disisi lain, masyarakat tentu akan berikan apresiasi bagi para calon yang telah bersedia daftar riwayat hidupnya dipublikasikan.
Keterbukaan tersebut Masykurudin menilai, akan menjadikan caleg selangkah lebih maju dan layak dapat nilai lebih yang dapat meningkatkan elektabilitas caleg dibanding calon lain yang tidak bersedia.

Post Comment