in Sindikasi_Media, Uncategorized

JPPR Temukan Perbedaan Jumlah Bacaleg Versi KPU

Terdapat perbedaan perhitungan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan temuan Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) terkait bakal calon anggota legislatif yang diserahkan partai politik.
Perhitungan KPU terdapat 6.576 bakal calon anggota legislatif (bacaleg), sedangkan temuan JPPR hanya sebanyak 6.573.
“Adanya perbedaan perhitungan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU dengan jumlah real daftar Bacaleg yang diserahkan oleh Partai Politik (Parpol), ada penambahan dan pengurangan,” ujar Deputi Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz di kantornya, Jalan Cikini V No. 15A, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2013).
Menurut data KPU, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memiliki 512 bacaleg. Sedangkan temuan JPPR hanya 510 bacaleg. Jadi, ada kekurangan dua nama bacaleg.
Sedangkan Partai Hanura, menurut data KPU, memiliki 560 bacaleg. Sementara data JPPR, hanya 559 bacaleg. Oleh karena itu, ada kekurangan satu nama bacaleg.
Untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebanyak 560 bacaleg, menurut data KPU. Namun, data JPPR hanya 555 bacaleg. “Di sini, ada kekurangan 5 nama bacaleg,” tuturnya.
Sedangkan untuk Partai Bulan Bintang (PBB), terdapat kekurangan satu nama bacaleg. Yakni, menurut data KPU, hanya 552 bacaleg. Kemudian temuan JPPR, hanya 551 bacaleg.
Kemudian untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), menurut data KPU, hanya 540 bacaleg. Sedangkan temuan JPPR, yakni 545 bacaleg.
Lalu, terdapat kelebihan satu nama bacaleg di Partai Demokrat. Sebab, menurut data KPU, hanya 560 bacaleg. Sedangkan temuan JPPR, sebanyak 561 bacaleg.
Untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar, jumlah bacaleg dari data KPU sesuai dengan temuan JPPR.
Post: Sindo News, Minggu, 05 Mei 2013
Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment