in Sindikasi_Media, Uncategorized

KPU Harus Selidiki Kesesuaian Dana Pelaporan Partai Politik

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus melakukan audit investigasi terkait dengan pelaporan dana pemilu oleh partai politik yang selalu tidak match dengan pengawasan dilapangan.
Audit ini dilakukan untuk melacak kebutuhan dana peserta pemilu dan sumber dana yang digunakan partai politk.
Masyurudin Hafidz, perwakilan JPPR, menilai ada kesenjangan ketika berbicara kebutuhan dana partai politik dan realisasinya di lapangan. Partai politik menilai kesenjangan itu karena KPU selalu menerima data dari partai politik secara mentah, tanpa adanya analisis lebih dalam lagi.
” Kalau kita perhatikan dana kampanye yang dilaporkan selalu lebih rendah dari praktek di lapangan, dan KPU selalu menerima laporan keuangan itu tanpa adanya penyelidikan lebih dalamn” katanya di Jakarta, Minggu (21/4/2013).
Ia melihat KPU tidak pernah menyelidiki belanja iklan serta tarif dana kampanye partai politik. Padahal sebagian besar pengeluaran dana parpol berada di aktivitas tersebut.
“Mereka KPU, harus bergerak lebih gesit lagi karena masalah dana kampanye merupakan hal sginifikant yang terus saja menjadi masalah buat kita, saya rasa ini harus diperhatikan lagi,” katanya.
Post: tribun news, 21 April 2013
Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment