in Sindikasi_Media, Uncategorized

Nomor Urut Parpol Tak Lagi Terlalu Penting

JAKARTA, — Nomor urut partai politik peserta Pemilihan Umum 2014 sesungguhnya tidak terlalu penting dan tidak signifikan lagi. Bukan masanya lagi nomor urut menjadi angka keberuntungan, apalagi angka mistis.
“Partai politik tidak perlu memolitisasi terlalu jauh terhadap nomor urut yang diperolehnya. Sikap politik yang rasional jauh lebih dibutuhkan,” ujar Manajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, Senin (14/1/2013) siang.
Pada Senin siang, dilakukan pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2014 yang diikuti perwakilan 10 parpol. Pengamatan Masykurudin, perolehan nomor urut masing-masing parpol benar-benar merupakan hasil undian dengan cara sangat terbuka sehingga aspek keberuntungannya sangat tinggi.
Menurut Masykurudin, dengan nomor urut yang diperolehnya, parpol seyogianya menjadikan kesempatan untuk memberikan pendidikan politik yang rasional sejak awal. Jumlah peserta pemilu yang hanya 10 parpol dinilai sangat membantu identifikasi yang dilakukan oleh masyarakat pemilih.
Post: Kompas
Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment