in Sindikasi_Media, Uncategorized

Konflik KPU vs Bawaslu sudah terjadi sejak lama

Manajer Pemantau Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Maskyurudin Hafidz mengatakan, perseteruan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) saat ini, lebih hebat dibandingkan dengan formasi KPU dengan Bawaslu sebelumnya.

“Dulu perseteruan KPU dengan Bawaslu itu juga ada, tetapi memang tidak sekuat sekarang,” ujar Maskyurudin Hafidz kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Senin (19/11/2012).

Hal itu, karena kewenangan Bawaslu saat ini tidak seperti Bawaslu yang sebelumnya. Sebab, kini Bawaslu memiliki fungsi ajudikasi (Ajudikator) atau penyelesaian perkara, maupun sengketa di pengadilan.

“Kalau dulu kan Bawaslu hanya sebagai tukang pos, hanya meneruskan laporan saja. Nah, kewenangan baru Bawaslu sebagai lembaga adjudikator inilah yang kemudian memang bisa membuat kedua lembaga ini berhadap-hadapan secara langsung,” ungkapnya.

Apalagi, saat ini ditambah dengan kelembagaan baru, yaitu Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Bawaslu menjadi lebih percaya diri untuk menghadapi KPU. 



Post: Sindo
Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment