in Feature, Release, Uncategorized

Seminar dan Diskusi Publik – Mempertahankan Pilkada langsung, Menguatkan Demokrasi

Seminar dan Diskusi Publik - Mempertahankan Pilkada langsung, Menguatkan Demokrasi
Seminar dan Diskusi Publik – Mempertahankan Pilkada langsung, Menguatkan Demokrasi

Untuk disiarkan          : Rabu 22 Oktober 2014
Reporter                      : Aldinah Rosmi

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Politik UIN Jakarta bekerja sama dengan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), kemarin pagi menggelar acara seminar dan diskusi publik. Acara yang belangsung di aula lantai satu gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) itu, mengangkat tema “Pilkada Langsung: Mengawal Suara Rakyat dan Menguatkan Demokrasi di Indonesia”. Diskusi yang minim peserta mahasiswi tersebut, mengundang pembicara yaitu, M. Afifudin selaku Koordinator Nasional JPPR, Andar Nubowo (Diektur Lembaga Indo Strategi), Iding Rasyidin Hasan (Deputi Direktur The Political Literacy), Pramono Tanthowi (Ketua PANWASLU Provinsi Banten), serta Ala’i Najib (anggota Lakpesdam NU).

Ketua HMJ Ilmu Politik, Ahmad Nur Kholis, mengatakan, tujuan diadakannya seminar dan diskusi dengan tema pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung, yakni karena berkaitan dengan disiplin ilmu sosial dan politik, yang memang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ilmu politik. Ahmad menambahkan, hal yang mendasar lainnya adalah masalah ketertarikan mahasiswa dengan diskusi yang kini semakin berkurang, padahal mahasiswa sudah sepatutnya ikut serta dalam perubahan bangsa yang lebih baik.


Dalam seminar dan diskusi tersebut, masing-masing pembicara memaparkan materi serta mengutarakan argumennya masing-masing terkait polemik Pilkada langsung. Salah satu pembicara, M. Afifudin (Koordinator Nasional JPPR) menyampaikan, kalangan akademisi harus melakukan berbagai cara terhadap tekanan-tekanan mengenai Pilkada yang dilakukan secara tidak langsung, salah satunya dengan melakukan aksi turun ke jalan. Disamping itu, M. Afifudin mengatakan bahwa bagaimanapun Pilkada harus dilaksanakan secara langsung mengingat negara kita adalah negara demokrasi. 

Post Comment