in Masykurudin Hafidz, Pantau Pemilu, Pemilu 2014, Sindikasi Media, Uncategorized

KPU Perlu Terapkan Real Count untuk Pemilu 2014

Kantor KPU
Jakarta – Perkembangan teknologi informasi mendorong penyelenggaraan Pemilu 2014 diharapkan dapat berjalan efektif dan cepat. KPU didesak menerapkan real count sebagai salahsatu realisasi dari teknologi informasi tersebut.
Real count adalah penyajian hasil pemilu lebih cepat oleh KPU pasca pemungutan suara, yang dapat diketahui melalui website atau layanan teknologi informasi lainnya.
Selama ini model itu digunakan oleh lembaga survei melalui quick count, tapi hasilnya hanya sampling. KPU semestinya mampu menyajikan hal serupa dengan hasil penghitungan yang rill.
“Real count ditujukan untuk menjawab keinginan publik dan partai politik agar lebih cepat dan akurat dalam melihat hasil Pemilu,” kata koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz kepada detikcom, Senin (24/3/2014).
“Hal lain juga untuk memberikan informasi bandingan terhadap lembaga-lembaga survei yang melakukan quick count sehingga masyarakat dapat membedakan dan mengimbangi informasi antara hasil quick count yang sangat cepat dengan real count punya KPU,” imbuhnya.
Urgensi lain dari adanya aplikasi real count oleh KPU menurut Masykurudin, adalah untuk menjaga kemurnian suara di TPS dan ketika di rekapitulasi di tingkat PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota.
“Real count juga dimaksudkan untuk memberikan aspek pencegahan kepada penyelenggara pemilu agar jangan sekali-kali main-main dengan hasil suara karena ada data pembanding dari hasil suara di TPS,” paparnya.
“Keterbukaan informasi dari data yang bersifat cepat akan mengurangi potensi kecurangan dan menjawab keinginan publik terhadap hasil informasi yang akurat,” tegas Masykurudin.
Post: Detik.com
Link: http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/03/24/125325/2534625/1562/kpu-perlu-terapkan-real-count-untuk-pemilu-2014?9911012

Post Comment