in Muhammad Afifuddin, Pemantauan, Pemilu 2014, Sindikasi Media, Uncategorized

JPPR: Soal Ketegasan Bawaslu harus Contoh KPK

Bawaslu

Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Muhammad Afifuddin menyebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus mencontoh ketegasan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam menindak pelanggar. Pasalnya, Bawaslu dianggap melempem menindak pelanggaran kampanye yang terus berulang.

“KPK saja tegas, kenapa Bawaslu tidak bisa?, Toh sama-sama lembaga negara,” kata Afifuddin dalam pernyataan pers yang diterima Metrotvnews.com, Ahad (30/3/2014).

Menurut Afifuddin, Bawaslu harus aktif dan jangan hanya menunggu laporan masyarakat tentang pelanggaran kampanye. “Ini membuat Bawaslu kurang cepat dalam menyikapi dari beberapa kasus pelanggaran kampanye,” imbuhnya.

Afifuddin menambahkan, Bawaslu harus mawas. Sebab, kesalahan Bawaslu ini merupakan kesalahan yang berulang-ulang dan seharusnya bisa dicegah dengan membandingkan dari pemilu sebelumnya.

“Yang menjadikan tantangan Bawaslu adalah menunjukkan kinerjanya kepada publik. Kuatnya struktur Bawaslu dibarengan hasil yang bisa dinikmati publik. KPU mendiskualifikasi caleg yang tidak melaporkan dana kampanye, tapi malah Bawaslu menghidupkan atau meloloskan kembali hanya dengan membuat pelaporan,” tegasnya.()

Post: LampungPost
Link: http://lampost.co/berita/jppr-soal-ketegasan-bawaslu-harus-contoh-kpk

Post Comment