in Dana Kampanye, Sindikasi Media, Uncategorized

JPPR Mulai Awasi Dana Kampanye

Uang Politik – ilustrasi
Dua anggota Jaringan Pendidikan Pemilihan untuk Rakyat (JPPR), mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran, Jumat (21/2) lalu. Berdasarkan pantauan lampungtoday.com, kedua anggota tersebut lengkap mengenakan tanda anggota dan menyerahkan berkas JPPR ke KPU Pesawaran yang diterima oleh Kepala Bagian Teknis dan Hubmas KPU, Dariyo.
Menurut keduanya, JPPR dalam hal ini berperan khusus memantau aliran dana kampanye partai-partai. Hampir di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, JPPR hadir mengawasi dana kampanye, yang diwakilkan dua orang tiap daerah kabupaten/kota. Nah untuk Pesawaran, kedua orang yang datang ke KPU itu, menyebutkan bahwa pihaknyalah yang menangani.
“JPPR dari pusat turun ke koordinator provinsi dan kabupaten, kita hanya memantau dana kampanye saja, dan tidak ada kaitan dengan pelaksanaan pemilihan,” terang salah satu anggota JPPR ketika ditemui sedang menyerahkan berkas di kantor KPU Pesawaran.
Sebagai langkah awal, lanjutnya, pihaknya bakal menghimpun data dana partai dari KPU, kemudian berkoordinasi dengan partai politik, menginvestigasi sumberdana kampanye, guna melihat kepatuhan calon dalam menggunakan dana kampanye dengan memfokuskan pada Dapil tertentu yang dipilih pihaknya. Sedangkan pemantauan, rencananya akan dilakukan JPPR selama beberapa bulan ke depan, dimana diperkirakan hanya sampai 9 April saja, akan tetapi bila dimungkinkan pengawasan dilakukan sampai pelantikan Caleg pada Oktober 2014 mendatang.
JPPR dalam urusan dana, diakuinya baru mulai bergerak di tahun ini, dimana pada pemilu 5 tahun sebelumnya pihaknya hanya sebatas fokus pada pelaksanaan hari H pemilihan, sementara proses pelaksanaan sebelum pemilihan tidak pernah ikut berkecimbung. Oleh karenanya JPPR di tahun ini mencoba mengambil andil dalam pengawasan dana kampanye. “Ya, kita hanya sebatas memantau, Kalau ditemukan ketidaksesuaian dana yang dilaporkan partai pada KPU, tinggal kita buat laporan saja dan kami kirim ke pusat” tandasnya
Post: Lampung Today
Link: http://www.lampungtoday.com/go/today-politik/1908-jppr-mulai-awasi-dana-kampanye.html

Post Comment