in Sindikasi Media, Uncategorized

KPU didesak buat rekening khusus dana kampanye


JPPR, PANTAU PEMILU, JAKARTA – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (Kornas JPPR) M. Afifudin mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera membuat rekening khusus dana kampanye. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya praktik korupsi.

“Ini menjadi tuntutan kita kepada KPU, inikan kampanyenya sudah mulai tapi rekeningnya masih belum jelas. KPU baru masih bermasalah, di 3 provinsi belum ada kejelasan. Padahal kan ini menjadi tuntutan kita untuk transparansi dana kampanye,” ujar Afifudin di Bakoel Cofee, Jakarta, Rabu, (11,13).


Afifudin menemukan sedikitnya partai politik tidak transparan di Lampung, Kalimantan Selatan, dan Maluku. Dia juga, meminta kepada KPU agar segera membuat rekening khusus dana kampanye dan serta mengawasi dana kampanye partai politik. 


“Apabila dapat bantuan uang harusnya melalui rekening parpol, makanya caleg-caleg di daerah uang disimpan masuk ke rekening masing-masing,” katanya


Dalam UU Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), pada pasal 8 ayat (2) huruf I menyebutkan bahwa partai politik baru dapat menjadi peserta pemilu setelah memenuhi syarat tertentu dengan menyerahkan nomor rekening dana kampanye Pemilu atas nama partai politik.

Post Comment