in Sindikasi_Media, Uncategorized

JPPR: Laporkan Dana Kampanye Elektabilitas Caleg Bisa Naik

JAKARTA – Calon legislatif (caleg) harusnya mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengimbau agar mereka melaporkan dana kampanye ke KPU. Efeknya, caleg akan mendapat kredit positif dari masyarakat.
“Percayalah, semakin caleg laporkan dana kampanye secara periodik ke KPU semakin dipercaya pemilih dan elektabilitas semakin naik,” ujar Manajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz di Jakarta, Senin (6/5/2013).
Menurutnya, dengan mengindahkan imbauan ini membuktikan caleg sangat menjunjung asas transparansi, dan mendukung jalannya kompetisi kampanye yang adil dan fair di tengah sistem proporsional terbuka.
Keuntungan lainnya, caleg juga akan mengetahui secara pasti berapa sesungguhnya dana yang masuk dan dana yang dikeluarkan selama kampanye. Karena selama ini tak ada laporan pasti berapa dana kampanye yang masuk dan keluar dari caleg.
“Ini jelas akan menghindari politik uang. Jika caleg melaporkan dana yang diterima dan dikeluarkan untuk kampanye maka akan terlihat jika melakukan hal-hal yang dilarang, misalnya politik uang atau sejenisnya,” katanya.
Masih kata Masykurudin, transaksi haram jual beli suara yang kerap timbul akan tereleminasi sedikit demi sedikit jika para caleg rajin dan jujur melaporkan dana kampanye. Imbauan ini harus disadari caleg sebagai ajang melatih transparansi.
“Pelaporan dana masuk dan keluar saat kampanye akan melatih caleg transparan jika nanti menjadi anggota dewan. Semakin transparan saat melaporkan biaya kampanye, semakin potensial menjadi anggota dewan yang baik,” katanya.
Sebelumnya, komisioner KPU, Arief Budiman siang tadi mengimbau agar seluruh caleg melaporkan dana kampanyenya, terdiri dari nominal, muasal dana, dan laporan pengeluarannya. Memang, dalam Undang-Undang No 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu tak mengatur pelaporan dana kampanye caleg.
“Karena sistem proporsional terbuka membuat persaingan bukan saja antarparpol, KPU berencana juga mengimbau para caleg laporkan dana kampanye,” ujar Arief yang mengaku jika ada caleg tak melaporkan, tak mengapa tapi publik akan menilai.
Post: Tribun News, 06 Mei 2013
Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment