in Pemilu 2014, Sindikasi_Media, Uncategorized

Setahun Jelang Pemilu KPU Diingatkan Rangkul Masyarakat

JAKARTA -Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di setiap tahapan pemilu. Mengingat Pemilu akan digelar satu tahun lagi.
“Jadikan momentum setahun jelang hari pemungutan ini sebagai komitmen kuat bagi KPU dalam peningkatan partisipasi masyarakat, bukan hanya untuk mengingat dan datang ke TPS di hari pencoblosan,” kata Menajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz kepada Tribunnews.com, Minggu (7/4/2013).
Masykurudin mengatakan peningkatan partisipasi harus dimulai dengan
menanamkan rasa memiliki terhadap Pemilu yaitu dengan menjadikan pemilih sebagai subyek.
“KPU perlu mengedepankan kepentingan utama pemilih dengan meningkatkan aspek pelayanan dalam setiap tahapan penyelenggaraannya,” ujarnya.
Melihat situasi saat ini, Masykurudin menilai KPU tidak bisa instan mengajak masyarakat. “Masyarakat pemilih kita tidak serta merta mempunyai minat yang tinggi jika tidak dipicu secara terus menerus oleh penyelenggara Pemilu,” imbuhnya.
Untuk itu, Masykurudin mengingatkan peningkatan partisipasi pemilih pada 9 April 2014 nanti perlu dimulai sejak dini dengan mengajak masyarakat untuk ikut secara subtantif untuk selalu terlibat terhadap tahapan Pemilu. Ia mengusulkan agar KPU membuka ruang yang luas dan mudah pada saat memberikan masukan dan penilaian terhadap daftar calon sementara (DCS) pada masa pencalonan.
“Dengan demikian, jika masyarakat pemilih dilibatkan sejak awal, maka akan menghasilkan peningkatan partisipasi. Dengan demikian ancaman golput bisa diminimalisir,” tukasnya.
Post: Tribun News, 07 April 2013
Repost: JPPR

Post Comment