in Pemilu 2014, Sindikasi_Media, Uncategorized, Verifikasi Parpol

Tak Undang Parpol, KPU Dinilai Tak Siap Beri Alasan

JPPR, JAKARTAJaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera menyampaikan secara jelas alasan tidak lolosnya 18 partai politik dalam verifikasi administrasi. Tujuannya, agar parpol yang tak lolos sebagai calon kontestan Pemilu 2014 bisa tahu persoalan sebenarnya. 
“Untuk itu KPU harus segera mengirimkan surat resmi ke setiap parpol, dengan penjelasan yang rinci tentang hasil-hasil verifikasi administrasi ini. Termasuk apabila partai-partai yang tidak lolos tersebut akan melakukan gugatan. Jadi jangan sampai mereka hanya mendapat penjelasan dari informasi media massa,” kata Manajer Pemantauan JPPR, Masykurudin Hafidz dalam pesan elektronik yang diterima JPNN, Minggu (28/10).
Menurutnya, ada yang berbeda dengan KPU dalam mengumumkan hadil verifikasi administrasi itu. Yakni KPU tidak mengundang perwakilan partai politik untuk dipertemukan dengan tim verifikator. 
Padahal menurut Hafidz, mengundang perwakilan parpol untuk dipertemukan dengan tim verifikator di KPU itu penting untuk mengetahui penyebab parpol tak lolos verifikasi administrasi. “Untuk menjelaskan alasan lolos dan tidaknya partai-partai tersebut,”katanya.
JPPR menduga hal ini berkaitan langsung dengan ketidakpastian jadwal pengumuman yang sempat molor. Ditegaskannya, KPU harus benar-benar dapat lebih profesional. “Sehingga penyelenggaraan Pemilu 2014, dapat jauh lebih baik dari 2009 lalu,” pungkasnya.(gir/jpnn)
post: JPPN
repos; Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment