in Sindikasi_Media, Uncategorized

KPU Resmi Tunjuk JPPR sebagai Pemantau Pemilu 2014

JPPR, JAKARTA – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) resmi menjadi pemantau Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Hal ini disandangnya setelah mendapat persetujuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dengan demikian, LSM tersebut mendapatkan perlindungan hukum dan keamanan dari pemerintah serta akses informasi di KPU hingga KPU Kabupaten/Kota.
“JPPR dalam setiap pemantauannya akan mematuhi peraturan yang berlaku, bersikap netral dan obyektif, menjamin akurasi data dan akan melaporkan hasil akhir pemantauan,” kata Manajer Pemantauan JPPR Masykurudin Hafidz seperti dalam rilisnya yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (09/10/2012).
JPPR, jelas dia, akan mengawali pemantauannya sejak tahapan awal yaitu verifikasi partai politik yang segera akan masuk ke tahapan verifikasi faktual. “Kami akan pantau surat keputusan kepengurusan yang berubah, perjanjian sewa kontrak kantor parpol, komposisi kepengurusan yang tidak memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dan sebaran kepengurusan di kab/kota dan kecamatan,” jelasnya.
Diungkapkan Masykurudin, pemantauan JPPR ditujukan untuk memberikan penilaian objektif, sejauhmana partai politik mampu melakukan peningkatan aspek kelembagaan internal sebagai modal untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat pemilih. Tahapan verifikasi menjadi ujian awal untuk mengetahui parpol memang berniat ingin mengkonsolidasi internal secara sistematis atau hanya politis ingin mengikuti Pemilu saja.
Verifikasi administrasi, imbuh dia, terdapat beberapa potensi titik rawan. Hal itu antara lain berupa masa berlaku dokumen yang telah melampaui batas dan kepengurusan ganda, perjanjian sewa kontrak kantor yang tidak sampai masa penyelenggaraan berakhir, sebaran kepengurusan tidak sampai 75 kab/kota dan 50 persen kecamatan. “JPPR akan melakukan pemantauan terhadap verifikasi parpol untuk memastikan parpol ma yang berhak dan tidak berhak sebagai peserta Pemilu,” tegas Msykurudin.(dbs/jhr)
repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment