in Pemilu 2014, Sindikasi_Media, Uncategorized, Verifikasi Parpol

KPU Harus Segera Umumkan Detail Catatan 18 Parpol yang Tidak Lolos

JPPR, JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus segera umumkan detail catatan-catatan yang membuat 18 parpol tidak memenuhi syarat administrasi. Pengumuman ini penting untuk menguji kesahihan verifikasi KPU.
“Keterbukaan itu untuk memberi kesempatan kepada parpol-parpol yang tak lolos untuk melakukan objektivikasi atas kinerja KPU. Publik juga perlu dilibatkan untuk ikut menilai. KPU mestinya tidak berpikir bahwa urusan pemilu hanya antara parpol dengan KPU,” ucap Pengamat Politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti kepada “PRLM”, Senin (29/10/12) di Jakarta.
Menurut Ray, hal tersebut dilakukan sesuai dengan prinsip penyelenggara pemilu yang harus terbuka, baik terbuka dalam kepastian hukum serta untuk memenuhi kepentingan umum. “Tak ada alasan kuat untuk menutup-nutupi detail hasil verifikasi. Justru sebaliknya, menutup-nutupi detail hasil verifikasi mengundang tanya apakah benar data-data yang diverifikasi KPU,” katanya.
Ia mengungkapkan, ketertutupan KPU cukup pada proses, tapi tidak pada hasil. Sebab asumsi awalnya, tidaklah mungkin parpol ini mendaftar dengan semangat coba-coba. Parpol-parpol ini sudah memperhitungkan dengan cermat kemampuan mereka untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang atau tidak.
“Apalagi masih dalam verifikasi admintratif. Pengguguran dengan jumlah massif mungkin dapat diterima bila sampai pada tahap verifikasi faktual. Kita harus menghargai kerja keras parpol memenuhi ketentuan UU agar lolos verifikasi,” ucapnya.
Selain itu, kata dia, keterbukaan itu juga untuk menghindari dugaan KPU memuluskan jalan parpol-parpol parlemen dengan mengorbankan parpol-parpol baru. Sehingga penyederhanaan seolah hanya menyasar parpol-parpol baru dan bukan pada parpol lama.
Di tempat terpisah, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) sebagai lembaga pemantau resmi Pemilu akan membentuk posko pengaduan verifikasi Partai Politik. Hal itu untuk menfasilitasi baik dari partai politik peserta Pemilu ataupun masyarakat.
“Aduan ini bisa disampaikan langsung ke : Jl. Manggarai Utara 1, RT. 007 RW 1, No. H4, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12850. Dan bisa melalui Website : www.jppr.org, Email : seknas@jppr.or.id,” ucap Manajer Pemantauan JPPR Masykurudin Hafidz. (A-194/A-108)***
repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment