in Pemilu 2014, Sindikasi_Media, Uncategorized, Verifikasi Parpol

JPPR Sesalkan Pengumuman Verifikasi Parpol


JPPR, Jakarta – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyesalkan sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengumumkan verifikasi administrasi partai politik peserta Pemilihan Umum 2014 dengan tidak mengundang seluruh pengurus atau perwakilan parpol.
Selain perwakilan parpol, JPPR juga mengungkap pengumuman yang disampaikan KPU, Minggu (28/10/2012) malam, berbeda dengan pengumuman yang dilakukan sebelumnya. Sebelumnya, perwakilan parpol dipertemukan dengan tim verifikator di KPU untuk menjelaskan alasan lolos dan tidaknya partai-partai tersebut.
“Kami menduga ini berkaitan dengan jadwal pengumuman yang tidak pasti dan molor, lebih-lebih lagi bila dikaitkan dengan manajemen dan kesiapan tim verifikator untuk menjawab pertanyaan parpol saat mengkonfirmasi alasan dan penjelasan lebih lanjut tentang lolos dan tidaknya partai yang bersangkutan,” tegas Masykurudin Hafidz, Manajer Pemantauan JPPR saat dihubungi, Senin (29/10/2012).
Terkait hal itu pula pihaknya mendesak KPU agar mengirimkan surat mengenai pengumuman kelolosan verifikasi administrasi parpol, berikut penjelasan secara rinci tentang hasil-hasil verifikasi yang dilakukan. “Jelaskan secara rinci hasil-hasil verifikasi administrasi, ini penting agar partai yang bersangkutan mengetahuinya secara komprehensif,” imbuh Hafidz.
Sebelumnya, setelah mengalami penundaan pengumuman verifikasi administrasi yang sedianya dilakukan 25 Oktober 2012 lalu, KPU akhirnya mengumumkan 16 parpol yang lolos dan 18 dinyatakan tidak memenuhi syarat, Minggu (28/10/2012) malam.
Selain mengumumkan hasil verifikasi, KPU terlebih dahulu mengatakan bahwa pihaknya mengubah dua Peraturan. Yakni Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2012 dan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2012. Perubahan PKPU ini dilakukan menyusul penundaan atau keterlambatan pengumuman tahapan pemilu tersebut. [rok]
Repost:Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment