in Sindikasi_Media, Uncategorized

Citra Buruk Partai untuk Verifikasi yang Baik

JPPR, JAKARTA–Tahap verifikasi partai oleh KPU perlu diinformasikan luas masyarakat. Melibatkan dengan berpendapat dan mencari tahu harapan masyarakat terhadap partai dinilai bisa mendorong verifikasi partai lebih baik.
Manajer Advokasi Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Sunanto dalam aksi @SaveDemokrasi Minggu (14/10) di Jakarta menekankan hal tersebut.
“Adanya aksi ini tanda penyelenggara pemilu dianggap kurang baik. Masih perlu kepedulian dan kampanye lebih pada masyarakat. Hal ini untuk JPPR merupakan bagian dari pendidikan pemilih,” jelas Nanto.
Penggiat @SaveDemokrasi lainnya Lia Toriana mengatakan, aksi ini merupakan langkah jangka pendek dukungan demokrasi. “Kita mau kasih tau pendapat masyarakat, kayak gini loh partai, semoga bisa mendorong verifikasi partai berjalan baik,” ujar aktivis Transparency International Indonesia ini.
Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu Jakarta Wahyu Dinata menjelaskan @savedemokrasi ini bermanfaat mengetahui persepsi masyarakat tentang partai. “Ternyata banyak orang yang takut berpendapat dan banyak yang menilai kinerja parta buruk,” kata Wahyu.
Pengetahuan persepsi dan latarbelakang masyarakat tersebut bagi Wahyu penting untuk strategi pemantauan yang melibatkan di 2014 nanti.
@SaveDemokrasi adalah dukungan pada demokrasi dengan makna nilai dan ide sekaligus relasi lembaga politik pemerintahan dan pemilu. Komunitas ini digerakan aktivis dari TII, JPPR, KIPP, Gerakan Pemuda Anti-Korupsi (Gepak), Indonesian Parliament Center, dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).
Aksi minggu ini meminta masyarakat berpendapat demokrasi dan partai pada kertas A3, lalu dipotret dan dipublikasikan di media maya.
“Udah banyak banget parpol di Indonesia, jangan bikin lagi ya,” kata @Fadly_Sahid. “Gue miris liat parpol, gue kasih nilai 2,5 aja deh,” kata Yuda. [Usep]
repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment