in Sindikasi_Media, Uncategorized

Awasi Pemilu, Bawaslu Gandeng JPPR

JPPR, SEMARANG – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) belum terbentuk di seluruh kabupaten kota di Jawa Tengah. Untuk menghadapi Pemilu Gubernur (pilgub) dan Pemilu Legislatif (pileg) 2014, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng berinisiatif menggandeng masyarakat untuk menjadi Mitra Pengawas Pemilu (MPP).
Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, MPP adalah program pelibatan unsur masyarakat untuk pengawasan tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD.
“Untuk lebih mengoptimalkan pengawasan verifikasi faktual, selain mendelegasikan kewenangan kepada Bawaslu Propinsi dan Panwaslu Kada, Bawaslu RI juga melibatkan masyarakat,” katanya, Rabu (10/10).
Pemantau Pemilu yang ditunjuk untuk menjadi MPP di Jateng adalah Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR). Penunjukan itu sesuai berita acara penandatanganan kesepahaman antara Bawaslu RI dengan perguruan tinggi dan pemantau tertanggal 21 September 2012.
Di tingkat provinsi, JPPR akan menugaskan 2 personilnya untuk mengawasi proses verifikasi KPU Jateng. Sedangkan untuk kabupaten kota sedang diusahakan masing-masing dua orang MPP. “Karena adanya beberapa keterbatasan terkait operasional MPP, tidak semua kabupaten kota akan mendapatkan alokasi personil,” kata Teguh.
repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment