in Pilgub_DKI, Sindikasi_Media, Uncategorized

Pemilu Kada DKI Bisa Berkualitas dengan Lima Syarat

JPPR, JAKARTA-Putaran kedua Pemilu Kada DKI tidak lama lagi digelar, tepatnya 20 September 2012. Hingga putaran kedua, banyak kritik dan permasalahan yang diadukan oleh kedua pasangan kandidat yang bersaing. Bahkan warga pun ikut menyuarakan keluhannya. 
Di sisi lain, diharapkan Pemilu Kada DKI berkualitas. Pasalnya Pemilu Kada DKI dinilai sebagai tolak ukur terhadap provinsi lainnya di seluruh Indonesia. 
Yusfitriadi, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) membeberkan syarat-syarat agar Pemilu Kada DKI berkualitas. 
“Ada lima syarat untuk mengukur kualitas Pemilu. Pertama penyelenggaran adil dalam aturan main dan memberi kesempatan yang sama kepada semu pihak yang terlibat,” kata Yusfitriadi dalam diskusi di Hotel Akmani Jakarta, Kamis (13/09). 
Kedua, ada partisipasi pemilih yang tinggi dengan disertai kesadaran dan kejujuran dalam menentukan pilihannya dengan rasa tanggung jawab dan tanpa paksaan. Dalam pantauannya, partisipasi pemilih belum seutuhnya aktif. 
Selanjutnya, syarat ketiga, peserta pemilu harus melakukan penjaringan bakan calon secara demokratis dan tidak menggunakan politik uang dalam semua tahapan Pemilu. 
Keempat, terpilihnya legislatif dan eksekutif yang memiliki legitimasi kuat dan berkualitas. Terakhir, pemerintah dan jajaran birokrasinya harus independen. 
“Dalam kaitannya, dengan posisi masyarakat dalam desain pengawasan Pemilu yang hanya memberi peluang sebagai pelapor dengan problem pengawasan Pemilu, maka kelompok pemantau mempunyai peran strategis dalam mendorong penguatan warga yang punya hak pilih secara aktif, kritis dan rasional,” jelas Yusfitriadi. (Nyt/OL-9)
Sumber: mediaindonesia.com

Post Comment