in Sindikasi_Media, Uncategorized

Proses Seleksi Pemilih Pemilukada DKI Abnormal

JPPR, Jakarta: Manager Advokasi dan Pendidikan Pemilih dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sunanto mengatakan proses seleksi daftar pemilih Pemilukada DKI 2014 dianggap abnormal. Karena proses pemutakhiran data dilakukan detik-detik menjelang Pemilukada yang akan berlangsung 2 Juli mendatang.
“Proses seleksinya abnormal, artinya dalam proses pemutakhiran datanya, walaupun itu kewajiban KPU untuk memvalidasi. Tapi masukan dari peserta pemilu itu wajib untuk melakukan verifikasi, yang terjadi saat ini pada saat mau finish. Itu yang saya katakan abnormal,” ujar Sunanto dalam diskusi di Jakarta, Ahad (10/6).
Sunanto juga menyangkan peran partai politik yang dinilai pasif dalam proses seleksi ini. Terlebih setelah ditemukan carut marutnya Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang berperan justru hanya dari para pasangan calon cagub dan cawagub.
“Jadi sebenarnya yang punya kepentingan peserta pemilu itu siapa sih?. Dan itu yang lebih aktif itu pasangan calon, bukan partainya. Dan ini yang auto kritik buat partai. Ini kepentingan DPT agar lebih baik ke depannya jika ada perbaikan,” tandasnya.(AIS)


sumber: liputan enam dot com

Repost: Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR)

Post Comment