in Uncategorized

Seknas JPPR

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) merupakan jaringan 38 lembaga yang terdiri dari organisasi kemasyarakatan di bawah Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, LSM, lembaga pendidikan, lembaga antar iman, lembaga kemahasiswaan dan radio.
Visi JPPR
Mewujudkan masyarakat Indonesia yang sadar, berpengetahuan dan partisipatif dalam membangun kedaulatan rakyat.
Misi JPPR
  1. Memberikan dukungan kepada masyarakat luas agar sadar, berpengetahuan dan partisipatif dalam membangun kedaulatan rakyat.
  2. Berpartisipasi secara aktif dalam usaha mengembangkan masyarakat sipil Indonesia
  3. Bekerjasama dengan pihak manapun yang memiliki komitmen yang sejalan dengan visi JPPR
  4. Mengkoordinasikan dan mengembangkan kajian, advokasi, pendidikan bagi anggota jaringan.
Struktur JPPR
  1. JPPR di tingkat nasional merupakan jaringan lembaga atau organisasi anggota JPPR di tingkat pusat,
  2. JPPR di tingkat propinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa merupakan jaringan lembaga atau organisasi anggota JPPR yang bekerja di wilayah geografis tertentu, yang bertindak untuk mengimplementasikan program JPPR di tingkat nasional 
Sejarah & Pengalaman JPPR
Pemilu 2004. Saat itu JPPR melaksanakan program pendidikan pemilih dan pemantauan pemilu dengan mengerahkan 117.000 relawan yang direkrut dari komunitas di mana relawan tersebut bertempat tinggal. Pada pemilu legislatif tahun 2004, JPPR kembali melakukan kegiatan pendidikan pemilih dan pemantauan pemilu dengan lebih dari 141.000 relawan memantau proses pemungutan suara di TPS. Dan pada pemilu presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan secara langsung untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia pada tahun 2004, JPPR menurunkan 100.000 relawan.
Pada pemilihan kepala daerah tahun 2007-2008, JPPR akan menurunkan relawan sejumlah 15.000 relawan yang tersebar di seluruh propinsi dan kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Lembaga-lembaga anggota JPPR diantaranya adalah :
Anggota Jaringan
Anggota Jaringan:Ahimsa – DIKTI MUHMMADIYAH – Elsham Papua – Fahmina – Fatayat NU – GP Ansor- ICCE UIN – IMM – IRM – ISIS – JIL – IPNU—IPPNU– Kopri PMII– LABDA Yogyakarta – Lakpesdam NU – LAPAR Makassar – LK3 Banjarmasin – LKIS Yogyakarta – LKK NU – LKPMP Makassar – LP3 UMY – LP Ma’arif NU–MPM – LPP aisyiyah – MADIA – Ma’arif– Muslimat NU– Institute Nasyiatul Aisyiyah – P3M – Pemuda Muhammadiyah – Percik Salatiga – PMI–PPSDM UIN – PSW UIN – PSAP–Radio 68 H – Rahima

Post Comment